Jumat, 04 April 2008

Icip-Icip Maknyus : Lapo Ni Tondongta

Lapo Ni Tondongta cabang Senayan
Jalan Pramuka No.12 A


Why Go :

Kalo ingin mencoba makanan khas Batak,ini adalah restoran yang menyajikannya dengan luar biasa. Menu-menu khas Batak seperti masakan yang menggunakan babi dan anjing menjadi makanan utama di sini. Hmmm cukup ekstrim yah? tapi coba dulu..Uenak tenan!

What To Eat :






Panggang B2 (kiri) dan Sangsang B2 (kanan)

Menu mantap di sini (bisa dibilang sudah jadi pilihan utama) dibagi menjadi 3 : panggangan,sangsang, dan sop.Dan itu disajikan dengan 2 pilihan.Pertama menggunakan daging B1 dan lalu ada juga yang menggunakan daging B2. B1 dan B2? Apalagi itu? Tenang saja semua ada asal usulnya. B1 untuk daging anjing dan B2 untuk daging babi. Menurut bahasa Batak, anjing adalah biang..bisa dilyad bahwa huruf B dalam kata itu cuma ada 1 kan? Nah kalo untuk babi ya,nampaknya semua orang sudah taw kenapa.Hahaha.

Nah panggangan ya seperti biasa,daging itu dipanggang kemudian disajikan dengan jeruk nipis. Namun babi yang dipanggang itu bener-bener maknyus. Dia gak garing,tapi sensasi yang didapat saat gigitan pertama,rasa enak yang bener2 mantap terasa di mulut.Bener-bener pengalaman "babi" yang luar biasa. Katanya sieh babi dan anjing ga terlalu berbeda rasanya. Lalu ada juga menu khas lainnya. yaitu Sangsang. Sangsang adalah masakan khas Batak yang berbumbu dari bumbu rempah khas Batak dan campuran darah babi. Jangan bayangin yang ngga2,karena jadinya enak koq. Untuk menambah rasa gurih pada nasi cukup mantap. Lalu yang terakhir sop. Kenapa ini disukai? Itu karena kuahnya yang gurih,dan ya daging babi kalo direbus enak juga koq. Mirip2 bakut gethu.Untuk pendamping ada juga sayur singkong. Ya seperti biasa lah disajikan dengan kuah kuning gethu. Ada juga Lomok-Lomok, yaitu babi yang digoreng. Rasanya gurih dan ya mirip ayam goreng.

Nah ada satu lagi yang bikin special. Sambel ijo yang dikasi di sini bener2 mantep. Pedes gila. Tapi bener2 blend dengan masakan2 di sini. Saat nasi itu uda berbumbu sambel ini,makan pun makin menggila. Nah kalo uda pedes gini tentu minum pun jadi salah satu bantuan utama kan? Tenang saja ga usah khawatir karena Lapo sudah menyediakan air putih gratis yang juga disertai dengan teko untuk refill. Biarpun ga dingin, air putih tetap manjur menaklukan rasa pedas di mulut.

Nah uda lyad menu-menunya kan? Cukup eksotis bukan. Nah karena itu gaya makan kita sebaiknya eksotis pula. Lepaskanlah sendok dan garpu, pakelah tangan untuk menikmati ini smwa. Tangan ini sangat berguna meningkatkan selera makan. Dijamin kita akan tambah nasi lebih banyak. Tapi tenang aja, karena harga makanan di sini cukup terjangkau koq. Satu porsi nasi Rp 3000,namun setelah itu tiap kali nambah kita hanya dikenakan biaya Rp 1000. Untuk makanan lauknya,harganya rata2 sekitar Rp 10.000. Sayur singkong udah bisa didapat dengan harga Rp 3000.

Cukup menarik dan menantang air liur kan? Makanya cobain dhe restoran ini. Unik dan berbeda tapi tetap mantap. Restoran ini bisa dibilang ampir rame selalu. Waktu kita cobain aja itu makan malam dan hari biasa,namun kita tetep musti nunggu sekitar 10 menit. Nah apalagi pas makan siang twh? Ckckckck..


Recommendation Score :

Taste : 8.5/10
The Place : 6.5/10
Value : 8.5/10
Service : 7.0/10

Maknyus Overall : 8.0

"Batak Foods at its best!"

4 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

orang.gedeg mengatakan...

kemaren ane sempet mampir ke sini. overall, makanannya enak!!
sangsangnya juara!! rasanya mirip2 kari gitu bumbunya :D
sopnya juga mantap!
sambel ijonya ada wangi jeruk nipisnya, enak banget. padahal ane ga demen sambel, tapi entah kenapa untuk yang satu ini pengecualian dah XD
tapi ane kagak nyobain lomok2 sama sangsang b1 nya, isi dompet ane lagi terbatas soalnya gan... hehehe

Unknown mengatakan...

Lapo terbaik dan Gedung Serbaguna (GRATIS)Terbaik di Jakarta, Lapo Tapian Nauli Ceger Cipayung Jakarta Timur.

Lapo sudah tak asing lagi kita dengar dan kita lihat di Ibu Kota Jakarta ini.
Keberadaan banyaknya Lapo di Jakarta semakin memperjelas bahwa pertumbuhan Orang Batak di Jakarta ini begitu pesat.
Orang Batak terkenal akan keberaniannya merantau, demi memperbaiki taraf hidupnya, dan ada beberapa yang harus merantau karena Tugas atau Sekolah dan Kuliah. Dari beberapa orang Batak yang merantau, sudah pasti mereka akan selalu ingat kampung halamannya, dan yang pasti adalah makanan khasnya.
Karena itu, lahirlah Lapo Lapo yang menyediakan makanan khas Batak.

Dari sekian Lapo yang pernah saya kunjungi, baru kali ini saya menemukan Lapo yang dari segi pelayanannya, rasanya, fasilitas laponya, yang selezat, senikmat, juga sebesar dan sebagus LAPO Tapian Nauli.

Ada fasilitas tambahannya, yaitu Dua Gedung Serbaguna Kapasitas maksimal masing2 100 orang GRATIS GRATIS GRATIS, bagi yang kebingungan nyari gedung buat Tonggoraja, Marhusip, atau ada meeting dan acara keluarga, silahkan dicoba Resto Batak Tapian Nauli ini, percaya deh, pasti kaget dan puas.

Salut buat Halak Batak.

Alamatnya di Jalan Binamarga No 31 Ceger-Cipayung Jakarta Timur, 1KM dari Taman Mini Indonesia Indah.
Alamat websitenya www.tapiannaulilapo.jimdo.com

Caesa mengatakan...

Idih amit2